Tugas 1 Analisa Teknik dan Biaya

  1. Jelaskan alasan pentingnya mengetahui dan memahami konsep biaya dalam kaitan dengan pengelolaan proyek di bidang teknik !

Jawab :
Karena di dalam pengelolaan proyek perlu dipertimbangkan investasi yang dikeluarkan sebab menyangkut pada dana perusahaan. Jika manfaat yang diharapkan lebih kecil dari sumber-sumber daya yang dikeluarkan, maka pengelolaan proyek dapat dikatakan tidak bernilai atau tidak layak. Oleh karena itu kita harus mengetahui dan memahami konsep biayanya.
Dengan demikian, teknik yang digunakan untuk menilai layak atau tidaknya suatu sisfo adalah dengan menggunakan teknik analisis biaya / keuntungan (cost / benefit analysis) atau disebut juga dengan analisis biaya / efektifitas.

 

  1. Dalam suatu pengelolaan proyek di bidang teknik, mana yang lebih penting untuk diperhatikan antara keandalan peralatan dengan analisa bisnis dari proyek tersebut? Jelaskan jawaban anda !

Jawab :
Tak dapat dipungkiri lagi bahwa dalam suatu pengelolaan proyek di bidang teknik harus mengutamakan keandalan peralatan dan analisa bisnis. Karena pada sisi keandalan peralatan terdapat aspek yang menunjang keakuratan dan jumlah produk yang keduanya tersebut mempengaruhi kualitas dan kuantitas produk sehingga dapat mengharapkan keuntungan. Namun pada persoalan ini, saya berpendapat bahwa analisa bisnis lebih penting untuk diperhatikan pada proyek dikarenakan mencakup ke semua segala aspek dalam proyek tersebut sehingga dibutuhkan kajian dan evaluasi yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan proses bisnis perusahaan untuk mengidentifikasi dampak dari kegiatan tersebut dalam menciptakan nilai atau menambah nilai terhadap bisnis perusahaan.

Beberapa factor kritis untuk suksesnya analisa bisnis yang bersifat taktis, yaitu :
a. Mengetahui secara jelas situasi bisnis dimana masalah yang dihadapi

b. Apa yang bias menambah nilai pada bisnis

c. Apa yang mempengaruhi hirarki manajemen

d. Bagaimana melakukan diagnose terhadap operasi bisnis

e. Bagaimana menggunakan teknik dan peralatan secara efisien

f. Bagaimana secara sukses dapat memanage perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s